Jumat, 10 Juni 2016

Masalah yang Terjadi Pada Jaringan Internet

Masalah yang Terjadi Pada Jaringan Internet - ada beberapa situasi dimana anda mengalami gangguan koneksi internet yg mengharuskan anda melakukan troubleshooting di jaringan, berikut beberapa permasalahn yang terjadi. 


 keliru Satu personal komputer tak bisa Mengakses Internet  galat satu komputer mengalami gangguan tidak bisa koneksi ke internet, sementara yang lainnya terkoneksi, Ini bisa disimpulkan menjadi berikut:

Layanan Internet asal ISP gangguan
Kemungkinan Switch atau port bermasalah
Modem tidak bermasalah

Troubleshooting dilema jaringan yg bisa anda lakukan artinya menyangsikan terdapat problem di adapter NIC personal komputer , port Switch bermasalah, atau kabel jaringan bermasalah.
Berbagai problem Jaringan Internet, Cara Mengatasi serta solusinya

NIC disabled

Pastikan bahwa NIC adapter personal komputer anda tidak pada disable secara tidak sengaja. Anda mampu melihat tanda icon local connection dipojok kanan bawah layar monitor anda. Jika umumnya anda bisa melihatnya sekarang anda tidak melihatnya, anda patut mencurigai bila NIC adapter anda dalam kondisi disabled. Cara mengcek masuk ke control panel: Klik Start > Control Panel > double klik network connection > lihat apakah ada icon local connection adapter anda pada syarat disable yang biasa ditandai menggunakan rona samar abu-abu.

Jika terlihat samar abu-abu, klik kanan icon tersebut serta pilih Enable. Jika sukses, maka anda mampu melihat lagi gambar personal komputer icon dipojok kanan bawah monitor anda, dan cara melakukan pengecekan sebagai berikut :
menggunakan ipconfig
Anda pula mampu melakukan testing dengan memakai command ‘ipconfig /all’ pada command line. Masuk ke command line interface menggunakan menekan tombol ‘gambar windows’ serta tombol ‘R’ secara bersamaan dan pada Run Command ketik CMD serta tekan Enter. Atau anda bisa memakai klik Start > pilih Run > ketik ‘CMD’ dan tekan Enter. Di command interface ketik:

Ipconfig /all <tekan Enter>
Maka akan muncul sederetan konfigurasi mirip di pesan ini dia:
Windows IP Configuration
Host Name . . . . . . . . . . . . : TOWER
Primary Dns Suffix . . . . . . . :
Node Type . . . . . . . . . . . . : Unknown
IP Routing Enabled. . . . . . . . : No
WINS Proxy Enabled. . . . . . . . : No
Ethernet adapter Internal LAN:
Connection-specific DNS Suffix . :
Description . . . . . . . . . . . : Realtek RTL8139 Family PCI Fast Ethernet NIC #2
Physical Address. . . . . . . . . : 00-1C-F0-B9-F2-A9
Dhcp Enabled. . . . . . . . . . . : No
IP Address. . . . . . . . . . . . : 192.168.1.25
Subnet Mask . . . . . . . . . . . : 255.255.255.0
Default Gateway . . . . . . . . . : 192.168.1.1
DNS Servers . . . . . . . . . . . : 202.134.1.10
memakai ping localhost
Atau anda juga bisa memakai testing memakai command ‘ping localhost’ atau ‘ping 127.0.0.1’ yg berfungsi buat memastikan konfigurasi TCP/IP anda tepat, lihat apakah anda mendapatkan respon bagus. Bila anda mendapatkan RTO (request time out) maka mampu dipastikan bahwa konfigurasi TCP/IP anda tidak benar atau NIC adapter anda dalam syarat disabled.
Switch Port Bermasalah
salah satu komputer tidak mampu mengakses ke internet mampu jadi sebab port dimana personal komputer tersebut terhubung bermasalah alias mati. Di umumnya sebuah Switch dilengkapi menggunakan lampu LED yang mewakili masing-masing port. Bila port tersebut aktif / terhubung ke komputer yg lagi On, maka lampu akan menyala alias berkedip cepat.

Periksa kabel jaringan-A menunjuk ke port nomor berapa (dalam hal ini port#1) serta lihat apakah lampu LED port #1 berkedip cepat atau meninggal. Jika anda dapati lampunya mangkat , coba terlebih dahulu melepas serta memasukkan lagi menggunakan bertenaga dikedua komputer dan jua pada Switch serta lihat apakah ada respon. Jika masih permanen mati, maka pindah kan kabel jaringan ke port yg masih kosong misal port#2 serta lihat apakah ada respon. Jika port#dua ternyata hayati dan komputer tadi mampu konek ke internet, maka anda bisa memastikan port#1 rusak. Tandai port#1 ini dengan indikasi ‘tusak’ atau tutup dengan isolasi.
Kabel Jaringan Bermasalah
Jika di langkah diatas anda tidak berhasil, maka langkah berikutnya adalah memastikan bahwa kabel anda bermasalah. Tukar kabel personal komputer yg bermasalah dengan kabel jaringan yang lain dan lihat apakah terdapat reaksi dengan LED yang nyala dan komputer bisa koneksi ke internet. Jika ternyata bisa menuntaskan problem maka anda mampu memastikan bahwa kabel jaringan komputer tadi bermasalah. Tandai kabel tadi dengan ‘rusak’ dan ganti dengan yang baru.
Semua PC tidak mampu Konek ke Internet
Jika anda mendapati bahwa semua PC tidak bisa koneksi ke internet, kemungkinan anda memiliki dilema:

menggunakan Switch
dengan modem-router
Kabel koneksi antara Switch serta modem
persoalan terletak di ISP anda.

Jika anda mendapati semua Switch "selengkapnya Pengertian serta Fungsi" Switchdalam keadaan mangkat , patikan power terpasang dengan baik, serta Bila masih tidak mau On, maka anda mampu memastikan ada masalah dengan Swicth anda. Ganti menggunakan yg baru atau bawa ke bengkel elektronika.

Bila lampu power serta semua port yg aktif (port#1 dan port#7 pada scenario ini) ternyata On, maka coba pastikan koneksi kabel jaringan antara Swicth menggunakan modem-router terhubung menggunakan baik. Lepas serta masukkan lagi di kedua sisi ujung kabel pada Switch serta pada sisi modem dan lihat apakah ada perubahan. Jika ternyata koneksi internet bisa balik normal, maka sambungan koneksi anda tidak sempurna.

Jika sambungan koneksi anda mampu memastikan indah, maka coba ganti kabel tadi dan lihat apa menuntaskan persoalan atau tidak. Bila berhasil, berarti kabel tersebut bermasalah, tandai dengan indikasi ‘rusak’.

Jika ternyata masih bermasalah, maka anda mampu menelpon operator ISP anda kalau terdapat duduk perkara dengan layanan internet.  Baca selengkapnya Istilah Istilah dalam dunia Internet

0 komentar

Posting Komentar